Sofware OpenOffice.org sebagai salah satu software berbasis Open Source


OpenOffice.org


Anda tentu telah pernah mendengar atau bahkan tahu tentang software open source, dan mungkin anda lebih familiar dengan sistem operasi seperti Linux. Sebelum kita bahas tentang software-software apa saja yang mendukung pengembangan teknologi open source ini, sebaiknya kita perlu tahu juga arti/pengertian dari Open Source itu sendiri.

 

Open Source secara umum adalah source-code yang terbuka. Source-code atau kode-kode pemrograman dari suatu software yang bisa kita lihat isinya. Artinya di sini kita bisa dengan mudah mempelajari cara kerjanya, meningkatkan kemampuannya, menterjemahkan ke bahasa lokal, dan lain-lain selama kita memberitahukan ke pembuat sebelumnya dan mencantumkan nama-nama pembuat sebelumnya di software teresebut.

Open source software dimulai dengan adanya kampanye untuk menyediakan dan menggunakan perangkat lunak yang gratis. Selain itu setiap perangkat lunak yang termasuk perangkat lunak sumber terbuka (open source) memiliki kode sumber (source code) yang bebas diunduh dan disebarluaskan dengan menganut kaidah dan etika tertentu. Pengembangannya dilakukan oleh suatu komunitas tertentu dan mereka akan saling bertukar informasi untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut agar menjadi lebih baik.

Mengapa Menggunakan Open Source Software?

Mengapa harus menggunakan perangkat lunak open source?

  1. Hal yang paling mendasar kenapa kita perlu menggunakan software-software Open Source adalah masalah pembajakan software.
  2. Menghindari pembajakan software, keuntungan lain adalah kehandalan dari software-software Open Source. Kehandalan ini dikarenakan software-software ini dibuat oleh komunitas, sehingga jika nantinya terdapat masalah dengan cepat akan diatasi.
  3. Dalam pekerjaan sehari-hari dengan komputer, kita mungkin sering menggunakan beberapa perangkat lunak komersial yang sudah terkenal seperti Microsoft Windows sebagai sistem operasi, Microsoft Office sebagai aplikasi perkantoran, Adobe Photoshop dan Corel Draw sebagai aplikasi untuk desain dan gambar, Microsoft Visio sebagai aplikasi untuk membuat diagram, Microsoft Outlook untuk membaca dan menerima e-mail ataupun Microsoft Project sebagai aplikasi untuk melakukan manajemen proyek. Namun tahukah Anda, bahwa perangkat lunak yang disebutkan tadi memiliki harga lisensi satuan dari ratusan hingga ribuan dolar AS per perangkat lunak? Jika Anda menginvestasikan uang Anda untuk membeli beberapa perangkat lunak asli tersebut ke dalam komputer, tentu Anda harus mengeluarkan biaya ribuan dolar AS untuk sebuah komputer. Tentu Anda juga tidak ingin melanggar hukum dengan menggunakan perangkat lunak ilegal bukan?

Karena itulah tersedia berbagai ragam perangkat lunak open source yang dapat diunduh secara gratis dan disebarluaskan dengan bebas. Selain itu, karena dibangun oleh suatu komunitas yang saling bertukar informasi di seluruh dunia, perangkat lunak jenis ini berkembang dengan cukup baik.

 

Salah satu software-software open source yang banyak digunakan adalah OpenOffice.

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database).

Perangkat lunak ini dikembangkan secara khusus oleh sebuah perusahaan besar yaitu Sun Microsystem namun tersedia secara gratis. Dalam sebuah paket Open Office tersedia banyak aplikasi yang mampu menggantikan tugas Microsoft Office. Bahkan Open Office mampu membuka file yang disimpan dengan format Microsoft Office. OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

Dalam paket tersebut terdapat beberapa komponen-komponen seperti :

  1. OpenOffice.org Writer, aplikasi pengolah kata, kegunaannya seperti Microsoft Word.
  2. OpenOffice.org Calc, aplikasi lembar kerja (spreadsheet), kegunaannya seperti Microsoft Excel.
  3. OpenOffice.org Impress, aplikasi presentasi, kegunaannya seperti Microsoft PowerPoint.
  4. OpenOffice.org Base, aplikasi basis data, kegunaannya seperti Microsoft Access.
  5. OpenOffice.org Draw, aplikasi editor grafis dan percetakan.

Saat ini sudah cukup banyak prusahaan yg memberikan sumbangan atau dukungan terhadap proyek OpenOffice.org, beberapa diantaranya adalah Novell, RadHat, Debian, dan Intel. Berikut ini artikel yang saya peroleh dari beberapa sumber mengenai OpenOffice. Artikel ini dapat anda download di sini

 

Sekian sekilas tentang pengembangan software-software open source yang ada saat ini. Di artikel-artikel selanjutnya akan dibahas beberapa hal lagi tentang ” Teknologi Open Source”….

 

wassalam….

Perangkat lunak ini dikembangkan secara khusus oleh sebuah perusahaan besar yaitu Sun Microsystem namun tersedia secara gratis. Dalam sebuah paket Open Office tersedia banyak aplikasi yang mampu menggantikan tugas Microsoft Office. Bahkan Open Office mampu membuka file yang disimpan dengan format Microsoft Office.
Advertisements